Gigiku, sehat




Pagi ini, rabu, 11 November 2015 level 1 SD Al-Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto mengadakan kegiatan yang tak biasanya. Kali ini kegiatan yang dilakukan berhubungan dengan kesehatan gigi para siswa yakni pemeriksaan gigi massal. Acara yang bekerjasama dengan Puskesmas Purwokerto Timur 2 ini diikuti oleh seluruh siswa level 1. Jumlah yang tidak sedikit, yakni 150 siswa dimulai dari kelas 1 Ad-Dhuha, Al-Balad, Al-Lail, As-Syams sampai At-Tiin. Menjadi menarik bagi para siswa, yang biasanya diperiksa di Rumah Sakit, namun kali ini diperiksa oleh dokter gigi bersama teman-teman di sekolah. Drg. Johanes Padmanahadi, MM adalah dokter yang bertugas memeriksa gigi para siswa. Terdengar cukup riuh suasana pagi ini karena sebagian siswa sesaat sebelum di periksa merasa takut. Mereka takut karena mereka berpikir kalau-kalau gigi mereka akan di cabut oleh dokter. Mereka membayangkan betapa sakitnya jika hal ini terjadi di gigi mereka bahkan sampai menangis. Baru membayangkan saja, sudah ada yang lari lantaran takut. Namun tak jarang juga yang justru dapat berinterakksi dengan dokter bahkan sampai tertawa. Barangkali ini adalah pengalaman pertama bagi sebagian anak.

Pelaksanaan pemeriksaan gigi dilaksanakan di ruang UKS SD Al-Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dengan kerja tim yang solid dari semua ustadzah di level 1. Tujuan dari pemeriksaan gigi ini tentunya untuk mengetahui kondisi gigi para siswa. Adapun hasil dari pemeriksaan ini yaitu ada gigi anak yang bagus, radix, persisten, nutrisi, crowed, diastin dan caries.

Hasil pemeriksaan ini di dominasi dengan gigi anak yang caries / gigi berlubang. Dengan demikian, para ustadzah telah mengetahui kondisi gigi para siswanya dan mengetahui tindak lanjut yang akan dijalani setelah kegiatan ini bagi para siswa yang memiliki permasalahan pada giginya. Kondisi gigi anak yang masih berusia 6-7 tahun tepatnya yang berada di level 1 ini masih dalam proses pertumbuhan, sehingga ketika terdapat masalah pada giginya harus segera untuk diobati. Itulah salah satu pesan dari kegiatan pemeriksaan gigi kali ini. Selesai pemeriksaan, keesokan harinya siswa dibagikan sikat gigi satu persatu supaya semakin rajin sikat gigi untuk menjaga giginya tetap bersih dan sehat.

Tidak ada komentar: